Buku Perpustakaan bagi Masyarakat Pintar di Toba

Tampak pelajar tengah serius membaca buku di dalam 'mobil pintar' sebagai layanan perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Toba./Foto: Ist

Terkini.Id, Toba – Meski terbilang bukanlah hal yang baru, kehadiran ‘mobil pintar’ sebagai sarana perpustakaan keliling, konsistensinya sangat dibutuhkan guna mencerdaskan anak bangsa, utamanya bagi para pelajar yang jauh dari akses perpustakaan dalam bentuk gedung atau ruangan.

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Toba ke-21 yang digelar di Lapangan Sisingamangaraja Balige, Kabupaten Toba, terlihat mobil perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling bagi para pelajar di Kabupaten Toba.

Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Toba membuka layanan Mobil Pintar, selama pameran pembangunan yang dilaksanakan dalam rangkaian HUT Kabupaten Toba ke-21 selama dua hari yang lalu, yakni dari tanggal 13 Maret 2020 sampai dengan 14 Maret 2020.

Selain menyediakan beragam bahan bacaan, Mobil Pintar juga melayani pembuatan kartu keanggotaan perpustakaan. Sebagai prasyaratnya, warga masyarakat yang berminat, cukup membawa foto copi identitas diri yang masih berlaku.

Jika sudah mendaftar menjadi anggota perpustakaan maka Kartu Anggota segera langsung dicetak dan sudah dapat digunakan untuk melakukan peminjaman buku di perpustakaan daerah yang berada di Soposurung, Balige, Kabupaten Toba.

Baca juga:

Informasi yang diperoleh melalui staf yang bertugas saat itu, bahwa selama layanan tersebut dibuka tampak antusiasme pelajar maupun anggota masyarakat lainnya mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan.

“Ya, selama dua hari ini tercatat 50 kartu anggota perpustakaan yang telah kami diterbitkan. Dan, masyarakat cukup senang bahkan sangat antusias bisa meminjam buku bagi yang sudah menjadi anggota,” kata petugas dari dinas tersebut.

Komentar

Direkomendasikan

Berita Lainnya

Tanggap Sebaran Covid19, Pemkab Toba Datangkan Alat Pelindung Diri (APD)

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar