Meski Situasi Tak Kondusif Dikarenakan Covid19, Masyarakat Toba Masih Minim Kesadaran

Pesta adat Batak di tengah pandemi Covid19
Pihak berwajib Kabupaten Toba berusaha menghentikan pesta adat batak di tengah situasi pandemi covid19/Foto: Ist

Terkini.id, Toba – Adanya pandemi Covid19 tak membuat masyarakat Toba secara menyeluruh memiliki kesadaran dan ketaatan akan imbauan pemerintah. Hal ini, ditandai beberapa acara pesta adat batak masih ada juga yabg nekat melangsungkannya.

Meski demkian, Imbauan pemerintah melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 bersama TNI-POLRI terus dilakukan, mengingatkan masyarakat yang masih mengabaikan dan nekat menggelar acara-acara yang mengumpulkan banyak orang.

Memang masyarakat batak, tentu tak bisa lepas dari yang namanya acara adat (ulaon adat) batak. Beberapa acara adat batak selain dukacita (kematian), jenis acara sukacita orang Batak sangat beragam, seperti; pesta pernikahan, acara mangadati sulang-sulang pahompu, acara tardidi, acara naik sidi telah menjadi tradisi yang kental dan mengakar.

Itu sebabnya, untuk menghentikan sementara di tengah pandemi Covid19 butuh proses dan waktu agar memiliki kesadaran yang tinggi, tanggap akan situasi. Salah satu faktor orang batak dengan karakternya yang keras butuh pendekatan yang persuasif manakala ada imbauan ataupun sosialisasi.

Informasi terkini, bahwa malam ini, Kamis, 26 Maret 2020, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 bersama BPBD Kabupaten Toba akan melaksanakan penyemprotan disinfektan di seputaran kota Balige.

Baca juga:

“Untuk rutenya dimulai dari Jembatan Juara Monang – Bundran D.I. Panjaitan – Jalan Muliaraja – Pelabuhan – Jalan Pardede Pasir – Pardede Onan,” ujar salah seorang petugas di Satuan Gugus Tugas.

Pemerintah Kabupaten Toba melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 bersama TNI-POLRI dengan sabar dan konsisten terus berupaya melakukan pencegahan Covid19 di wilayah Kabupaten Toba dan mengimbau masyarakat agar tetap taat mengikuti aturan yang ada saat ini.

Komentar

Direkomendasikan

Berita Lainnya

Satu Orang Positif Covid-19, Bupati Toba: Segera Lakukan Penelusuran Kontak Fisik Pasien

Dikabarkan Tenggelam di Perairan Danau Toba, Akhirnya Jasad Candra Simbolon Ditemukan

Raih Opini WTP ke-6 Kalinya, Bupati: Inspektorat akan Melaksanakan Pemeriksaan Internal yang Semakin Ketat

Bupati Dosmar Banjarnahor Pimpin Rapat Evaluasi Pembagian Bansos Untuk 10 Kecamatan

Viral! Paska Disambar Petir, Korban Seorang Pemuda Dimandikan Warga dengan Lumpur

Angin Puting Beliung Bercampur Hujan Es Menerjang Beberapa Rumah di Laguboti

Cegah Sebaran Covid19, Para Tokoh Adat se-Kabupaten Toba Teken Kesepakatan Resmi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar